VR Edukasi Mitigasi Gempa Bumi
Proyek ini merupakan bagian dari skripsi yang bertujuan untuk membuat Aplikasi Edukasi Mitigasi Gempa Bumi berbasis Virtual Reality (VR). Aplikasi ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi gempa bumi melalui pengalaman imersif menggunakan perangkat VR Box dan remote kontrol Bluetooth.
Fitur Utama
1. Simulasi Sebelum Gempa: Persiapan Tas Siaga Bencana
Pengguna mempersiapkan tas siaga bencana dengan mencari item-item secara interaktif dalam lingkungan virtual. Fitur ini bertujuan untuk mengenalkan isi tas siaga dan pentingnya persiapan sebelum bencana terjadi.
2. Simulasi Saat Gempa: Berlindung
Simulasi interaktif yang menampilkan skenario gempa sedang terjadi. Pengguna akan belajar cara berlindung yang benar.
3. Simulasi Setelah Gempa: Evakuasi
Setelah gempa selesai, pengguna diarahkan untuk mengevakuasi diri ke zona aman. Proses evakuasi menggunakan algoritma A* untuk menavigasi jalur.
Teknologi yang Digunakan
- Unity 6 (2025) — Engine utama untuk pengembangan aplikasi VR.
- C# — Bahasa pemrograman utama.
- VR Box + Remote Bluetooth — Perangkat utama untuk interaksi dan navigasi dalam lingkungan VR.
- Algoritma A* — Digunakan dalam sistem penentuan jalur evakuasi optimal setelah gempa.
Kontrol Pengguna
Aksi | Kontrol pada Remote VR |
---|---|
Interaksi Item | Tombol A |
Bergerak | Tombol arah (atas/bawah/kiri/kanan) |
Next/Prev Slide | Tombol B/Tombol A |
Memunculkan Navigasi | Tombol X |
Cara Menjalankan
- Download asset yang ada di google drive, letakkan pada [Assets/] Link : https://drive.google.com/drive/folders/11or2QEPixk1bJjpuI5i-mCGzkNeNAKj5?usp=drive_link
- Build di Unity ke format Android (APK).
- Install APK ke perangkat Android yang mendukung VR.
- Pasang smartphone ke VR Box.
- Gunakan remote Bluetooth untuk mengontrol simulasi.
- Ikuti instruksi simulasi dari awal (persiapan tas siaga) hingga akhir (evakuasi).