fix: delete unused test

This commit is contained in:
Bobby Rafael
2025-07-11 10:31:45 +07:00
parent 69d8aa3223
commit 083b9b33b6
4 changed files with 0 additions and 250 deletions

View File

@ -1,167 +0,0 @@
# Rencana Pengujian Sistem Pathfinding
Dokumen ini menguraikan pendekatan pengujian komprehensif untuk sistem pathfinding, termasuk pengujian komponen sistem dan pengujian kinerja algoritma.
## I. Pengujian Komponen Sistem
### 1. Pengujian Input Ukuran Grid
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| GS-01 | Memasukkan ukuran grid yang valid (mis., 20x20) | Grid diubah ukuran dengan benar | □ |
| GS-02 | Memasukkan ukuran grid maksimum (200x200) | Grid diubah ukuran ke ukuran maksimum | □ |
| GS-03 | Memasukkan nilai melebihi maksimum (mis., 201x201) | Operasi ditolak, peringatan ditampilkan | □ |
| GS-04 | Memasukkan nilai non-numerik | Input ditolak | □ |
| GS-05 | Memasukkan nilai negatif atau nol | Input ditolak | □ |
| GS-06 | Mengubah ukuran selama pathfinding | Operasi diblokir selama pathfinding | □ |
| GS-07 | Menguji grid tidak persegi (mis., 20x30) | Grid membuat bentuk persegi panjang yang benar | □ |
### 2. Pengujian Dropdown Algoritma
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| ALG-01 | Pilih A* | Algoritma berubah ke A* | □ |
| ALG-02 | Pilih Dijkstra | Algoritma berubah ke Dijkstra | □ |
| ALG-03 | Pilih Greedy | Algoritma berubah ke Greedy | □ |
| ALG-04 | Pilih Backtracking | Algoritma berubah ke Backtracking | □ |
| ALG-05 | Pilih BFS | Algoritma berubah ke BFS | □ |
| ALG-06 | Mengubah algoritma selama pathfinding | Operasi diblokir selama pathfinding | □ |
### 3. Pengujian Toggle Pergerakan Diagonal
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| DIAG-01 | Aktifkan pergerakan diagonal | Pergerakan diagonal diaktifkan, jalur dapat menggunakan diagonal | □ |
| DIAG-02 | Nonaktifkan pergerakan diagonal | Pergerakan diagonal dinonaktifkan, jalur hanya menggunakan arah kardinal | □ |
| DIAG-03 | Toggle selama pathfinding | Operasi diblokir selama pathfinding | □ |
### 4. Pengujian Kontrol Visualisasi
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| VIS-01 | Menyesuaikan kecepatan visualisasi (meningkat) | Visualisasi berjalan lebih cepat | □ |
| VIS-02 | Menyesuaikan kecepatan visualisasi (menurun) | Visualisasi berjalan lebih lambat | □ |
| VIS-03 | Mengatur ukuran batch ke 1 | Setiap langkah divisualisasikan secara individual | □ |
| VIS-04 | Mengatur ukuran batch ke nilai lebih tinggi | Beberapa langkah divisualisasikan bersama | □ |
| VIS-05 | Menyesuaikan kontrol selama pathfinding | Operasi diblokir selama pathfinding | □ |
### 5. Pengujian Generator Labirin
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| MAZE-01 | Menghasilkan labirin kecil (kepadatan rendah) | Labirin dihasilkan dengan sedikit rintangan | □ |
| MAZE-02 | Menghasilkan labirin sedang (kepadatan sedang) | Labirin dihasilkan dengan rintangan moderat | □ |
| MAZE-03 | Menghasilkan labirin besar (kepadatan tinggi) | Labirin dihasilkan dengan banyak rintangan | □ |
| MAZE-04 | Menghasilkan labirin dengan kepadatan 0% | Grid kosong sepenuhnya dihasilkan | □ |
| MAZE-05 | Menghasilkan labirin dengan kepadatan 100% | Grid terisi penuh dihasilkan | □ |
| MAZE-06 | Menghasilkan labirin selama pathfinding | Operasi diblokir selama pathfinding | □ |
### 6. Pengujian Simpan dan Muat
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| SAVE-01 | Simpan dengan nama file valid | Labirin berhasil disimpan | □ |
| SAVE-02 | Simpan dengan nama file kosong | Pesan kesalahan ditampilkan | □ |
| SAVE-03 | Simpan selama pathfinding | Operasi diblokir selama pathfinding | □ |
| LOAD-01 | Muat file yang ada | Labirin berhasil dimuat | □ |
| LOAD-02 | Muat dengan nama file yang tidak ada | Pesan kesalahan ditampilkan | □ |
| LOAD-03 | Muat selama pathfinding | Operasi diblokir selama pathfinding | □ |
### 7. Pengujian Tombol Muat Ulang
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| RELOAD-01 | Klik tombol muat ulang | Scene dimuat ulang ke keadaan awal | □ |
| RELOAD-02 | Klik muat ulang selama pathfinding | Scene dimuat ulang, operasi diizinkan selama pathfinding | □ |
| RELOAD-03 | Klik muat ulang setelah pathfinding dalam mode build | Tombol diaktifkan kembali setelah reset | □ |
### 8. Pengujian Status UI
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| UI-01 | Mulai pathfinding | Semua tombol dinonaktifkan kecuali reload dan exit | □ |
| UI-02 | Setelah pathfinding selesai (editor) | Tombol diaktifkan kembali | □ |
| UI-03 | Setelah pathfinding selesai (build) | Tombol tetap dinonaktifkan | □ |
| UI-04 | Interaksi mouse selama pathfinding | Repositioning NPC/tujuan diblokir | □ |
## II. Pengujian Kinerja Algoritma
### 1. Pengujian Algoritma A*
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| ASTAR-01 | Grid kecil (20x20), kepadatan rendah | Jalur ditemukan secara efisien | □ |
| ASTAR-02 | Grid sedang (50x50), kepadatan sedang | Jalur ditemukan dengan kinerja wajar | □ |
| ASTAR-03 | Grid besar (100x100), kepadatan tinggi | Jalur ditemukan tanpa waktu/memori berlebihan | □ |
| ASTAR-04 | Jalur mustahil (kepadatan 100%) | Dengan benar melaporkan tidak ada jalur yang ditemukan | □ |
| ASTAR-05 | Dengan pergerakan diagonal | Jalur diagonal yang lebih pendek digunakan | □ |
| ASTAR-06 | Tanpa pergerakan diagonal | Hanya jalur kardinal yang digunakan | □ |
### 2. Pengujian Algoritma Dijkstra
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| DIJK-01 | Grid kecil (20x20), kepadatan rendah | Jalur ditemukan dengan eksplorasi lebih dari A* | □ |
| DIJK-02 | Grid sedang (50x50), kepadatan sedang | Jalur ditemukan dengan waktu/memori lebih tinggi dari A* | □ |
| DIJK-03 | Grid besar (100x100), kepadatan tinggi | Jalur ditemukan, mungkin dengan penggunaan sumber daya tinggi | □ |
| DIJK-04 | Jalur mustahil (kepadatan 100%) | Dengan benar melaporkan tidak ada jalur yang ditemukan | □ |
| DIJK-05 | Dengan pergerakan diagonal | Jalur optimal ditemukan | □ |
| DIJK-06 | Tanpa pergerakan diagonal | Jalur kardinal optimal ditemukan | □ |
### 3. Pengujian Greedy Best-First Search
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| GREEDY-01 | Grid kecil (20x20), kepadatan rendah | Kinerja cepat, jalur berpotensi tidak optimal | □ |
| GREEDY-02 | Grid sedang (50x50), kepadatan sedang | Kinerja cepat dengan memori lebih sedikit dari A*/Dijkstra | □ |
| GREEDY-03 | Grid besar (100x100), kepadatan tinggi | Lebih cepat dari A*/Dijkstra, tetapi mungkin tidak optimal | □ |
| GREEDY-04 | Jalur mustahil (kepadatan 100%) | Dengan benar melaporkan tidak ada jalur yang ditemukan | □ |
| GREEDY-05 | Labirin dengan bottleneck | Mungkin menghasilkan jalur yang tidak optimal | □ |
### 4. Pengujian Algoritma Backtracking
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| BACK-01 | Grid kecil (20x20), kepadatan rendah | Jalur ditemukan, kemungkinan lebih lambat dari algoritma lain | □ |
| BACK-02 | Grid sedang (50x50), kepadatan sedang | Degradasi kinerja dengan ukuran meningkat | □ |
| BACK-03 | Labirin kecil dengan kepadatan tinggi | Mungkin kesulitan dengan labirin kompleks | □ |
| BACK-04 | Jalur mustahil (kepadatan 100%) | Dengan benar melaporkan tidak ada jalur yang ditemukan | □ |
### 5. Pengujian Algoritma BFS
| ID Tes | Kasus Uji | Hasil yang Diharapkan | Lulus/Gagal |
|---------|-----------|----------------|-----------|
| BFS-01 | Grid kecil (20x20), kepadatan rendah | Jalur optimal untuk grid tanpa bobot | □ |
| BFS-02 | Grid sedang (50x50), kepadatan sedang | Penggunaan memori lebih tinggi dari A* | □ |
| BFS-03 | Grid besar (100x100), kepadatan tinggi | Konsumsi memori tinggi | □ |
| BFS-04 | Jalur mustahil (kepadatan 100%) | Dengan benar melaporkan tidak ada jalur yang ditemukan | □ |
## III. Matriks Kinerja Sistem Keseluruhan
| Algoritma | Grid Kecil | Grid Sedang | Grid Besar | Kepadatan Rendah | Kepadatan Tinggi | Dengan Diagonal | Tanpa Diagonal |
|-----------|------------|-------------|------------|------------------|-----------------|----------------|----------------|
| A* | □ | □ | □ | □ | □ | □ | □ |
| Dijkstra | □ | □ | □ | □ | □ | □ | □ |
| Greedy | □ | □ | □ | □ | □ | □ | □ |
| Backtracking | □ | □ | □ | □ | □ | □ | □ |
| BFS | □ | □ | □ | □ | □ | □ | □ |
## IV. Instruksi Pelaksanaan Pengujian
1. **Persiapan**:
- Pastikan proyek dalam keadaan bersih
- Untuk pengujian sistem, uji satu komponen pada satu waktu
- Untuk pengujian algoritma, gunakan penguji otomatis dengan berbagai kombinasi
2. **Dokumentasi**:
- Tandai setiap pengujian sebagai Lulus/Gagal dalam daftar periksa
- Catat anomali atau perilaku tidak terduga
- Dokumentasikan metrik kinerja jika berlaku
3. **Pengujian Regresi**:
- Setelah memperbaiki bug, jalankan kembali pengujian terkait untuk memastikan lulus
- Secara berkala jalankan rangkaian pengujian lengkap untuk menangkap regresi
4. **Pengujian Otomatis**:
- Gunakan PathfindingTester untuk pengujian algoritma otomatis
- Rekam dan analisis output CSV untuk perbandingan komprehensif

View File

@ -1,7 +0,0 @@
fileFormatVersion: 2
guid: 97b0707a63200c94cb3f55a0beb75ef2
TextScriptImporter:
externalObjects: {}
userData:
assetBundleName:
assetBundleVariant:

View File

@ -1,69 +0,0 @@
# Pathfinding Greybox Matrix Testing Setup Instructions
## Overview
This document outlines the step-by-step process for setting up a scene to perform automated greybox matrix testing of the pathfinding algorithms.
## Scene Setup Steps
1. Create a new scene or use an existing pathfinding scene
2. Add the required components to the scene:
- GridMap
- NPC
- UI Canvas for the test controls
3. Create the following UI elements on the Canvas:
- Panel (as a container)
- Text (TMP) for status display
- Button for starting tests
- Slider for progress visualization
4. Create an empty GameObject and attach the PathfindingTester.cs script
5. Configure the PathfindingTester component:
- Assign the GridMap reference
- Assign the NPC reference
- Assign the UI components (button, text, progress bar)
- Configure test parameters as needed:
- Tests Per Combination
- Delay Between Tests
- Results File Name
## UI Layout Recommendations
1. Place the status text at the top of the panel to show current test status
2. Place the progress bar below the status text
3. Place the "Start Tests" button at the bottom
4. Make the panel semi-transparent so you can still see the grid behind it
## Test Matrix Configuration
You can customize the test matrix by modifying these arrays in the PathfindingTester.cs script:
- algorithmsToTest: Which algorithms to test
- gridSizesToTest: Which grid sizes to test
- mazeDensitiesToTest: Which maze densities to test
- diagonalMovementOptions: Whether to test with diagonals enabled/disabled
## Running Tests
1. Enter Play mode in the Unity editor
2. Click the "Start Tests" button
3. Wait for all tests to complete
4. Test results will be saved in a CSV file in the "TestResults" folder in the persistent data path
## Analyzing Results
The CSV file contains detailed information about each test:
- Algorithm used
- Grid size
- Maze density
- Diagonal movement setting
- Time taken (ms)
- Path length (nodes)
- Nodes explored
- Memory used
- Whether a path was found
- Test index (for repeated tests)
Import the CSV into a spreadsheet application for further analysis and visualization.

View File

@ -1,7 +0,0 @@
fileFormatVersion: 2
guid: 5fd2581c099e0644fa3c48212c93208d
TextScriptImporter:
externalObjects: {}
userData:
assetBundleName:
assetBundleVariant: